Solusi gambar thumbnail tidak tampil di Windows

Solusi gambar thumbnail tidak tampil di Windows-Sahabat swaralakbok.com yang berbahagia…terkadang keanehan bisa terjadi dimana sekarang Windows tidak menampilkan thumbnail dari file – file yang didukungnya. Walau ini tidak menandakan adanya kerusakan yang lebih serius tapi agak mengganggu juga setiap kali mencari file tapi harus dibuka satu per satu karena tidak terlihat thumbnailnya, jadi lebih susah dibedakan dengan file lainnya karena tidak ada previewnya.

windows-explorer-no-thumbnail

oceh… sekarang bagaimana cara mengatasi hilangnya thumbnail ini? Ada beberapa solusi yang bisa anda coba, silahkan jalankan dari yang termudah menurut anda.

Sebelum mencoba langkah – langkah perbaikan berikut pastikan anda tidak salah memilih opsi cara menampilkan daftar file di Windows Explorer. Letaknya di toolbar kanan atas bernama “Change your view” untuk mengubah settingnya.

1

Memperbaiki konfigurasi icon dan thumbnail Windows

Ada kemungkinan kesalahan setting sehingga yang ditampilkan hanyalah icon default aplikasi pembukanya (Windows Photo Viewer, Windows Media Player, dan sebagainya) dan ini bisa dengan mudah dikembalikan ke semula.

  1. Yang pertama adalah dengan mengakses Control Panel, kemudian cari Folder Options.
    control-panel-folder-options
    Pada Folder Options pindahkan tab ke View, setelah itu di bagian Files and Folders hilangkan centang pada “Always show icons, never thumbnail”. Setelah itu klik OK untuk menyimpannya.
    windows-7-folder-options
  2. Yang kedua untuk memastikan adalah dengan mengakses Control Panel kembali dan cari System.
    windows-7-control-panel-system
    Setelah itu pada jendela System klik Advanced system settings.
    windows-7-system-information
    Pada System Properties pastikan tab berada di Advanced, kemudian klik tombol Performance.
    windows-7-system-properties-performance
    Akhirnya di Performance Options buka tab Visual Effects, kemudian berikan centang pada “Show thumbnails instead of icons”. Klik OK untuk menyimpan setting baru ini.

Membersihkan cache icon Windows

Kalau cara diatas masih gagal dalam memperbaiki thumbnail Windows maka saya sarankan untuk menggunakan CCleaner untuk menghapus cache dari database icon di Windows sampai bersih.
Hasil gambar untuk logo ccleaner

tidak  punya CCleaner bisa anda unduh disini

Tepatnya pastikan adanya centang pada Thumbnail cache dan kemudian jalankan proses analisa CCleaner seperti biasanya dan bersihkan.

semoga berhasil dan bermanfaat…..boleh sambil nonton video di bawah ini

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Tip/Trik
One comment on “Solusi gambar thumbnail tidak tampil di Windows
  1. […] Solusi gambar thumbnail tidak tampil di Windows […]

    Suka

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: