Masalah dan solusi Aplikasi PMP v.1.4.007 ERROR

Masalah dan solusi Aplikasi PMP v.1.4.007 ERROR-sahabat swaralakbok.com Tentu hal itu sangat mengganggu dan membuat banyak operator Dapodik bingung dan kecewa, lantaran tak bisa segera mengisi kuesioner PMP yang akan Cutt Off pada akhir oktober ini. Permasalahan Aplikasi PMP versi 1.4 yang errot tidak hanyak dialami satu dua orang saja, melainkan banyak operator di Indonesia juga mengalami hal serupa.

Dalam berbagai forum diskusi Operator Dapodik, baik melalui media sosial FB dan WA, persoalan aplikasi PMP yang error hamper setiap hari muncul. Hal ini tak mengherankan lantaran belum ada solusi resmi dan penjelasan yang menyeluruh mengenai terjadinya hal tersebut.

err

Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, berikut ini kami jelaskan mengenai Cara Mengatasi Install PMP 1.4 Error. Cara ini saya peroleh berdasarkan pengalaman saat saya juga mengalami iAplikas PMP yang error.

Berikut ini Cara Mengatasi Aplikasi PMP 1.4 Error:

a.    Pastikan PC atau laptop sesuai dengan spesifikasi. Spesifikasi PC atau laptop dapat diunduh pada link berikut http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Hal ini sangat penting, mengingat Aplikasi PMP hanya bisa diinstal di komputer yang memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan.

b.    Pastikan terlebih dahulu penyebab error, sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebab error Aplikasi PMP. Penyebab Aplikasi PMP biasa ada beberapa hal.

Pertama, error Aplikasi PMP Versi 1.4 terjadi karena Aplikasi Dapodik belum di Update ke versi 2016b. jika ini yang terjadi, maka segeralah update Aplikasi Dapodik anda menjadi Versi 2016b.

Kedua, error yang terjadi karena status service dapodikDB belum dalam keadaan started/running. Nah kedua inilah yang sering terjadi. Jika hal ini yang terjadi berikut ini cara mengatasinya:

1.    Ketik service pada tombol start di PC anda, lantas mucul menu service kemudian klik menu tersebut

2.    Cari file yang bernama dapodikDB dan pastikan dalam keadaan status started/running

https://swaralakbok.files.wordpress.com/2016/10/01481-s2.png?w=570&h=161

3.   Jika pada kolom status belum muncul keterangan started/running maka klik file dapodikDB kemudian klik tombol start yang ada di samping kiri.

4.    Setelah status berubah started/running, maka itu tandanya Aplikasi PMP anda sudah bisa digunakan dengan lancer dan tidak jadi error lagi.

semoga bermanfaaf…

lihat pula :

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Tip/Trik, Tutorial
%d blogger menyukai ini: