Informasi

Gerhana Bulan di Lembang Tertutup Awan

BANDUNG – Fenomena gerhana bulan sudah terlihat jelas di sejumlah kota di Indonesia. Namun, sayang, di kawasan Lembang, tertutupnya bulan oleh bayangan umbra terhalang awan.

Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat melakukan observasi gerhana bulan yang terjadi. Fenomena langka ini sudah terjadi sebelum pukul 01.00 WIB dini hari..

Kepala Observatorium Boscha Hakim L Malasan menyebutkan, sejak pukul 00.54 WIB sebenarnya sudah ada penumbra (bayangan luar bumi) menutupi kiri atas bulan.

“Hanya saja belum sampai umbra (bayangan dalam bumi) sehingga baru bisa diamati teropong,” jelas Hakim, di observatorium Boscha, Kamis (16/6/2011).

Namun sayang, pengamatan gerhana bulan di Boscha kali ini tidak terbuka bagi masyarakat umum. Menurut hakim, itu karena gerhana terjadi dini hari.

Berbeda dengan gerhana sebelumnya yang biasa terjadi selepas magrib. Kali ini dinihari sehingga Boscha tidak mengundang masyarakat, hanya dari pers saja dan beberapa mahasiswa

“Untuk masyarakat kita enggak buka, karena waktunya kurang bagus, lewat tengah malam. Selain itu, fenomena ini juga bisa dilihat di halaman rumah terutama jika gerhana sudah penuh,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Okezone, umbra sudah bisa dilihat sekira pukul 01.25 WIB. Umbra tersebut memang bisa disaksikan secara kasat mata alias tanpa alat. Hingga pukul 01.35 WIB, umbra sudah mencapai 40 persen. Namun, sesekali awan menghalangi bulan. Selain itu area Bosscha juga berkabut.

infor from : http://news.okezone.com/read/2011/06/16/340/468906/gerhana-bulan-di-lembang-tertutup-awan

Iklan
4 comments on “Informasi
  1. suwardono berkata:

    Apik euy ana musike ,, sip

    Suka

  2. SUWAR DONO berkata:

    bagus juragan,, enakeun aya musikan hee

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik Youtobe
%d blogger menyukai ini: