Legenda/Cerita Rakyat Asal Jawa Barat

JAWA BARAT
Di daerah Jawa Barat mayoritas penduduknya adalah berasal dari suku Sunda dan menggunakan bahasa Sunda dalam keseharian-nya, namun ada beberapa wilayah yang mayoritas Propinsi Jawa Baratpenduduknya bukanlah suku Sunda seperti daerah Cirebon yang mayoritas penduduknya adalah dari suku Cirebon dan juga daerah Depok, Bogor, Bekasi dan Karawang yang sebagian wilayahnya di huni oleh suku Betawi.
Dengan wilayah yang cukup luas, Jawa Barat memiliki objek pariwisata yang cukup banyak diantaranya adalah Kebun Raya Bogor, Taman Safari, Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, Taman Buah Mekarsari, Pemandian Air Panas Ciater dan masih banyak lagi.
Daerah Jawa Barat juga memiliki makanan dan minuman khas yang beragam seperti Bandrek, Bajigur, Batagor, Peuyeum, Serabi, Kupat Tahu, Soto Bandung, Empal Gentong, Asinan Bogor, Manisan Cianjur, Combro, Misro, Lotek dan lain-lain.
Selain itu, provinsi tertua di Indonesia ini juga memiliki cukup banyak cerita rakyat, mulai dari yang berhubungan dengan asal muasal nama suatu tempat seperti Asal Muasal Situ Bagendit, Asal Muasal Nama Cianjur dan juga Asal Muasal Telaga Warna.
Beberapa cerita rakyat Jawa Barat yang cukup terkenal diantaranya adalah Lutung Kasarung, Sangkuriang, dan Nyi Roro Kidul. Untuk mengetahui nama-nama cerita rakyat dari daerah Jawa Barat selengkapnya, anda bisa menyimak pada daftar cerita rakyat Jawa Barat berikut ini.
%d blogger menyukai ini: